MANUSIA ITU HINA JIKA TIDAK ADA AGAMA

Allah SWT mencibtakan manusia dari tanah. Sedikit banyaknya sifat-sifat tanah ini akan mempengaruhi manusia. Kalau tanah ini diusahakan makan akan membawa manfaat bagi manusia tapi kalau tidak diusahakan akan menjadi mudhorat buat manusia.
Kalau tanah ini tidak diusahakan maka diatasnya akan tumbuh rumput-rumputan. Kalau diatas tanah itu terdapat rumput-rumputan maka yang datang kepada tanah itu adalah binatang ternak, seperti : kambing, sapi, kerbau, yaitu pemakan rumput. Begitulah keadaan manusia ini kalau tidak diperjuangkan, dia sifatnya akan seperti binatang ternak. Apa sifat binatang ternak ? Sifat binatang ternak itu “Makan” dan “Kawin”. Hanya memikirkan makan saja, sehari-hari hanya memikirkan makan saja. Dan ketika makan itu dia tidak akan memikirkan nasib teman-temannya., tetangganya, kerabatnya, yang penting dia kenyang sendiri. Setelah kenyang sahwat pun akan naik dan kemudian kawin tanpa nikah dan adab.


Surat pertama (Yang awal-awal) dalam Al Qur'an adalah AL BAQARAH (SAPI BETINA) dan diakhiri dengan AN-NAAS (MANUSIA). Maknanya manusia ini akan hina seperti binatang (sapi betina) kalau tidak mengamalkan Al Qur'an. Tapi kalau Al Qur'an kita amalkan dalam kehidupan kita. Sifat binatang yang ada dalam diri kita akan berubah menjadi manusia yang bermanfaat buat yang lain. 
 Kalau kita bisa berbicara dengan lembu dan bertanya : “Lembu mau kemana…? Mau cari rerumputan”. Hati Manusia pun kalau tidak diusahakan akan sama seperti Lembu. Pikirnya hanya makan dan kawin saja.

Allah SWT berfirman :  
  • “Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). MEREKA ITU SEBAGAI BINATANG TERNAK, BAHKAN MEREKA LEBIH SESAT LAGI. Mereka itulah orang-orang yang lalai.”  (QS. Al A'raaf 179)
Dahulu kala ada seorang alim ulama yang bermaksud pergi dari keramaian manusia (uzlah). Kemudian di tengah jalan ia bertemu dengan Anjing dan Babi yang atas kehendak Allah SWT bisa berkata-kata. si Anjing berkata seraya mengucap syukur : "Alhamdulillahilladzi ja'alani kalban, walaa ja'alani khinzir".  "Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan aku Anjing, dan tidak menjadikan aku Babi". Rupanya si Anjing ini bersyukur kepada Allah karena ada salah satu dari bangsanya yang dimuliakan, yang kelak akan masuk surga (yaitu Anjing yang setia menemani Ashhabul Kahfi). Mendengar si Anjing mengucap syukur, si Babi kemudian berucap : "Alhamdulillahilladzi ja'alani khinzir, walaa ja'alani tarkish sholah". "Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan aku Babi, dan tidak menjadikan aku (orang) yang meninggalkan Shalat"
Allah SWT berfirman : 
  • atau apakah kamu mengira bahwa kebanyakan mereka itu mendengar atau memahami. mereka itu tidak lain, hanyalah seperti binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat jalannya (dari binatang ternak itu). (qs. al furqaan 44)
akan tetapi manusia pun bisa lebih mulia dari pada Malaikat kalau ada agama dalam dirinya dan ada usaha memperbaiki hati.
Allah SWT berfirman :
  • Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya” (QS. At Tiin 4)
Allah SWT berfirman : 
  • .....dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada Para Malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," Maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia Termasuk golongan orang-orang yang kafir. (QS. Al Baqarah 34)
Sujud di sini berarti menghormati dan memuliakan Adam, bukanlah berarti sujud memperhambakan diri, karena sujud memperhambakan diri itu hanyalah semata-mata kepada Allah.
  
__ MARI KITA TAAT KEPADA ALLAH DAN ROSULNYA  __

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Subhanallah ijin sharee akhi...

@atokza mengatakan...

silahkan....
semoga kita semua mendapat manfaat manfaatnya. khoirunnas anfa'ahum linnas.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2011. anak-qurani.blogspot.com . All rights reserved | anak-qurani.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com